Select Menu

Ads

Random Posts

Theme images by suprun. Powered by Blogger.

Ocehan

Traveling

Circle Gallery

The Mafiability

Ilmu

Apaan Sech!?

Bottom

» » » Pantai Plengkung a.k.a G-Land, Hawaii-nya Indonesia. Part 1

Well, hellooo.. aaah setelah cukup lama vakum akhirnya bisa kembali menulis blog. Oke kali ini aku akan sedikit cerita tentang sebuah tempat yang pernah aku kunjungi. Yaaah sebagai traveller yang suka back packer tentu saja aku cerita tentang tempat wisata yang pernah jadi sasaran travelingku.
Pantai plengkung atau orang biasa menyebutnya pantai G-Land yang merupakan kepanjangan dari Grajagan Land. Pantai ini terletak di ujung paling selatan dana timur Banyuwangi, sebuah kota yang terletak paling timur jawa timur. Kota ini berbatasan dengan selat bali yaitu perbatasan antara jawa dengan bali. Sebenarnya nama G-land sendiri yang memberi nama adalah orang luar kota banyuwangi. Dibanyuwangi sendiri lebih dikenal dengan sebutan pantai plengkung, sedangkan grajagan sebenarnya adalah nama wilayah lain tetapi karena kebanyakan orang menyebrang ke pantai ini melalui pantai grajagan makanya pantai ini disebut G-Land.


Apa istimewanya? Walaaah kalo pantai ini ma istimewa sekali. Pantai ini merupakan pantai yang masih perawan alias belum terjamah orang dengan pasir putih dan pemandangan yang luar biasa indah. Pantai ini memiliki gulungan ombak tertinggi kedua di Dunia setelah hawai, tak heran kalo banyak wisatawan asing yang selancar kesini.
Bagaimana caranya kesini? Well, banyak jalan menuju Roma eh salah kita khan mau ke plengkung ya bukan ke Roma. Oke pertanyaannya saya balik, anda dari mana? Dari Jakarta terus ke surabaya atau dari bali?
Untuk anda yang punya budget minim alias backpacker anda bisa naik kereta api ke surabaya dulu, kemudian anda bisa melanjutkan kereta mutiara timur menuju banyuwangi dari stasiun gubeng atau pasar turi. Harganya bervariasi tergantung kelasnya dengan jadwal sehari 3x. Saran saya lebih baik anda turun di stasiun Rogojampi. Dari stasiun Rogojampi silahkan anda naik bis menuju Jember. Nyari bisnya dimana? Tak perlu khawatir, anda tunggu saja didepan stasiun, bisnya lewat setiap 15 menit selama 24 jam. Tapi ingat naik yang ke arah jember jangan terbalik ke arah banyuwangi kota yaa..
Setelah anda naik, kondektur akan minta ongkos dan tanya turun mana. Jawab saja turun Benculuk, tarifnya saat ini sekitar 5ribu dengan perjalanan menempuh waktu 45 menit. Anda tak perlu bingung untuk turun karena pasti kenek bus akan teriak benculuk-benculuk ketika sudah tiba.
Ketika anda tiba dibenculuk anda akan turun dipertigaan, anda biasanya akan ditawari ojek, kalo anda mau cepat silahkan naik dengan ongkos sekitar 150rb langsung menuju plengkung. Tapi kalo mau hemat anda bisa naik angkutan colt dengan tarif sekitar 25ribu tetapi syaratnya anda harus menunggu penuh dulu dan turun di Desa Dambuntung. Dari Dambuntung anda harus naik ojek ke plengkung dengam biaya sekitar 75rb. Koq mahal ya.. ya maklum karena jauh dan melewati hutan. Atau anda juga bisa naik bis maupun travel dari surabaya dan dibenculuk. Kemudian ke plengkung sesuai cara td yang sudah saya jelaskan.

Untuk anda yang dari jakarta dan punya budget anda bisa naik pesawat langsung menuju Banyuwangi. Ada ya? Eeeh jangan ngejek bung, kota banyuwangi itu kota yang maju punya bandara dengan penerbangan setiap hari. Maskapai yang terbang ke kota ini adalah Lion air yang dioperasikan oleh Wings Air dan Garuda tetapi harus transit dulu di surabaya. Untuk jadwal penerbangan dan harga ada baiknya kalo anda cek sendiri di maskapainya langsung. Pesawat akan turun di Bandara Blimbing sari Rogojampi. Kemudian anda bisa naik taksi ke jalur bus dikota rogojampi dengan tarif sekitar 25ribu. Kemudian naik bis dengan arah yang sama dengan petunjuk saya bagi anda yang budget minim.
Kalo dari bali silahkan naik pesawat kebanyuwangi atau bis maupun travel. Turunnya sama koq dengan petunjuk saya diatas. Atau anda bisa naik boat dari Bali dengan biaya sewa sekitar 2,5 juta langsung ke pantai plengkung.
Kalo anda beramai-ramai silahkan sewa mobil atau bawa mobil sendiri, tapi saran saya bawa mobil dengan clearance yang tinggi minimal avanza jangan mobil rendah seperti sedan. Kenapa? Karena jalannya rusak dan medannya terjal.

Tiket masuknya murak koq Rp. 3000 per orang tidak termasuk biaya motor dan mobil ya.

About Pernikahan123

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply